logo

Written by Super User on . Hits: 111

PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENGADILAN AGAMA PURBALINGGA KELAS IA

DENGAN KODIM 0702/PURBALINGGA (26/03)

purbalingga I pa.purbalingga.go.id

Selasa 26 Maret 2024 bertempat di Markas Kodim 0702/Purbalingga telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Purbalingga Kelas IA dengan Kodim 0702/Purbalingga. Acara yang dihadiri oleh Ketua Drs. Jakfaroni, S.H., Panitera Muda Permohonan Abdul Hafid, S.Kom., S.H., M.H., beserta Sekretaris Rizal Zaenal Abidin, S.H. Pengadilan Agama Purbalingga dan Komandan Kodim 0702/Purbalingga beserta seluruh jajarannya selaku tuan rumah pelaksanaan acara perjanjian kerjasama.

 

Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan Pembukaan kemudian dilanjutkan Sambutan dari Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol yang menyampaikan bahwa kegiatan pada hari ini sangat bermanfaat bagi Anggota TNI dan insyaaallah manfaatnya untuk kepentingan seluruh prajurit kodim terkait dengan pengajuan perceraian yang akan diajukan ke Pengadilan Agama Purbalingga. Beberapa pengalaman seringkali anggota TNI merasa dirugikan pada saat ingin mengajukan perceraian dikarenakan banyak hal yang belum diketahui oleh anggota TNI terkait dengan aturan dan syarat yang berlaku. Anggota TNI harus mendapatkan izin dari atasan dengan proses yang sangat panjang. Kehidupan dimiliter sangat berbeda dengan kehidupan di Sipil karena istri sebagai pendamping bisa menjadi pendorong demi kemajuan suaminya dan dapat juga menjadi penghancur bagi suaminya. Apabila terjadi perselisihan terkait dengan pernikahan atau perceraian, atasan langsung dapat menjadi mediator untuk permasalahan tersebut. Komandan Kodim diakhir sambutannya sangat berterimakasih kepada Pengadilan Agama Purbalingga melalui Ketua Pengadilan Agama Purbalingga beserta jajarannya yang sudah dapat meluangkan waktunya untuk kegiatan pada hari ini dan permohonan maaf juga disampaikan apabila penerimaan tempat untuk kegiatan acara hari ini alakadarnya saja. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Purbalingga, Drs. Jakfaroni, S.H. yang menyampaikan beberapa hal yaitu dengan adanya Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Purbalingga Kelas IA dengan Kodim 0702/Purbalingga untuk memberikan pemahaman terkait dengan Hukum acara dalam hal ini aturan yang terkait dengan pengajuan izin perceraian bagi anggota TNI, dalam Permenhan Nomor 31 tahun 2017 tentang Perkawinan dan Perceraian, Peraturan Panglima Nomor 50 tahun 2014 tentang tata cara perkawinan dan perceraian dan aturan lain yang mengatur tentang pengajuan perceraian yang diberlakukan untuk anggota TNI sehingga dapat memberikan pemahaman kepada seluruh Anggota TNI agar dapat mempedomani aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi kendala dan tidak merasa dirugikan terkait dengan pengajuan perceraian.

Akhir sambutan Ketua Pengadilan Agama Purbalingga juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Komandan Kodim 0702/Purbalingga beserta jajarannya atas terlaksananya acara Perjanjian Kerjasama ini semoga silaturahim dan sinergisitas dapat terus terjalin dengan baik. Kemudian dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Purbalingga Kelas IA dengan Kodim 0702/Purbalingga dan diakhiri dengan Foto Bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purbalingga Kelas IA

Jl. Letjend. S. Parman No. 10

Telp: 0281-891174
Fax: 0281-892320

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi