logo

Written by Super User on . Hits: 25

PEMBINAAN LASKAR SIPP DI AWAL TAHUN 2022

 

Guna meningkatkan pencapaian rangking SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Pengadilan Agama Purbalingga di tahun 2022, selesai apel pagi di awal tahun, yakni Senin 03 Januari 2022, Ketua Pengadilan Agama Purbalingga, Amran Abbas, S.Ag., SH., MH mengumpulkan dan memberikan arahan serta pembinaan terhadap semua aparatur PA Purbalingga yang tergabung dalam “Laskar SIPP PA Purbalingga” di ruang aula. Ikut mendampingi dan memberikan arahan dan pembinaan adalah Wakil Ketua PA Purbalingga, H. Mahrus Lc., MH dan Panitera PA Purbalingga, Drs. Fauzan.

Laskar SIPP PA Purbalingga tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni menempatkan beberapa orang sebagai Pengawas yang bertugas melakukan final chek setiap hari menjelang kepulangan terhadap penginputan isian data dan dokumen pada SIPP. Selain itu ditugaskan sekian orang yang disesuaikan dengan bidang tugasnya masing-masing untuk melakukan entry data ke dalam SIPP meliputi data umum, penetapan-penetapan, jadwal sidang dan tundaanya, berita acara sidang, relaas, alat bukti, amar putusan dan putusan, minutasi, PBT dan lain-lain.

“SIPP PA Pubalingga di akhir tahun menempati rangking 34 di kategori II dengan nilai waktu putus 89,149, waktu minutasi 100 dan bobot upload putusan 98,789 dengan nilai akhir 95,979. Ini artinya, posisi kita ada di zona aman tapi biasa-biasa saja, kata Amran. Olehnya diharapkan dengan pembentukan Laskar SIPP di tahun 2022 ini PA Purbalingga harus berusaha ada di posisi 5 besar. usahakan bobot upload putusan harus 100, dengan cara jangan ada lagi yang mengupload dua kali atau lebih jika dokumennya telah diupload, tapi jika harus diupload karena ada kesalahan Putusan yang diupload, maka harus dihapus dulu uploadtannya di direktori putusan Mahkamah Agung, jangan hanya ditimpa”, lanjut Amran.

Dalam arahannya Wakil Ketua Mahrus menyampaikan bahwa upayakan agar perkara yang disidangkan oleh Majelis Hakim diputus dalam waktu satu bulan atau selambat-lambatnya dua bulan, dengan cara tundaan sidang tidak harus sepekan sekali, jika hadir kedua belah pihak maka sidang dapat ditunda satu hari saja. Dengan demikian maka nilai “waktu putus” PA Purbalingga tidak merosot sampai di bawah 90 seperti di tahun 2021.

Hal senada juga disampaikan oleh Panitera Fauzan yang mengingatkan semua Laskar SIPP PA Purbalingga khususnya para Panitera Muda dan Panitera Pengganti agar tertib dalam melakukan penginputan data tundaan sidang dan BAS serta selalu melakukan pengecekan ulang penginputannya setelah sholat ashar atau sebelum pulang ke rumah.

Selamat bekerja wahai para Laskar.. kinerja, semangat juang dan prestasimu sangat dinanti di tahun 2022 ini. Semoga Allah SWT mencatat usahamu menjadi amal shaleh.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purbalingga

Jl. Letjend. S. Parman No. 10

Telp: 0281-891174
Fax: 0281-892320

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi