logo

on . Hits: 3

Ketua PA Purbalingga Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Dengan Tema Aku Pahlawan Masa Kini

hari pahlawan 11 11 2019 1

Purbalingga, – Pengadilan Agama Purbalingga menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional di halaman Kantor PA Purbalingga, Senin (11/11/2019). Bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua PA Purbalingga Drs. Taufik, S.H., MH. Upacara tahun ini bertema “Aku Pahlawan Masa Kini” diikuti oleh seluruh karyawan / Karyawati PA Purbalingga.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P Batubara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Ketua PA Purbalingga Drs. Taufik, S.H., MH. menyampaikan bangsa Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia setiap hari pahlawan.

hari pahlawan 11 11 2019 2hari pahlawan 11 11 2019 3

Ia mengatakan pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.Taufik menegaskan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Menurutnya, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

hari pahlawan 11 11 2019 4

"Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," kata Taufik  dalam membacakan sambutan mensos pada Senin (11/11/2019).

Taufik juga mengatakan peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini". Selain itu menurutnya menjadi Pahlawan Masa Kini bisa dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI.

Ia mencotohkan antara lain dengan menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional," kata Ketua PA Purbalingga berdarah minang ini dalam sambutannya.

Ia mengatakan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata tidak boleh dibiarkan sia-sia. "Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain," kata Taufik memungkasi pembacaan sambutannya. [hafid]

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purbalingga

Jl. Letjend. S. Parman No. 10

Telp: 0281-891174
Fax: 0281-892320

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi