logo

on . Hits: 30

Di Ujung Tahun 2018 PA Purbalingga Adakan Ujian Lisan
Bagi Para Calon Hakim (mentee)

ujian lisan para cakim 21122018 1KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H. sedang memberikan ujian lisan kepada salah satu Calon Hakim (mentee)

12 (dua belas) orang mentee (Calon Hakim) dari peserta Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu empat lingkungan Peradilan, yang ditempatkan magang di PA Purbalingga telah menyelesaikan tahap I (satu) dari tiga tahap yang akan ditempuh oleh para mentee.

Oleh karenanya untuk mengisi rapor para Tutor (Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H.) bersama-sama dengan tiga mentor yaitu : Drs. Ahmad Faiz, S.H., M.S.I., Drs. H. Akhbaruddin, M.S.I., dan Drs. Agus Mubarok pada hari Kamis, 20 Desember 2018 melaksanakan ujian lisan terhadap para mentee yang sedang mangang di PA Purbalingga.

ujian lisan para cakim 21122018 2

Para mentee tersebut dibagi dalam tiga kelompok, yang masing-masing kelompok diasuh oleh seorang mentor. Adapun para mentee yang melaksanakan ujian lisan kali ini adalah sebagai berikut :

Mentor : Drs. H. Akhbaruddin, M.S.I

Para Mentee :  

  1. Ahmad Fuad Noor Ghufron, S.H.I.
  2. Akbarudin, AM. S.H.I.
  3. Ari Ambrianti, S.H.I.
  4. Dhimas Adhi Sulistyo, S.H.I.

Mentor : Drs. Agus Mubarok

Para Mentee :  

  1. Hasanuddin, S.Sy.
  2. Latif Mustofa, S.H.I.
  3. Mohammad Agus Budiawan, S.H.I.
  4. Muhammad Zhamir Islami, S.H.I.

Mentor : Drs. Ahmad Faiz, S.H., M.S.I.

Para Mentee :  

  1. Pijar Alif Rachmatul Islami, S.H.I.
  2. Rofi’ Almuhlis, S.H.I.
  3. Uut Muthmainah, S.H.I.
  4. Ade Sofyan, S.Sy.

Sebelum ujian dimulai, Tutor menjelaskan tata tertib, materi yang diuji, dan penilaiannya kepada para Mentee. Pelaksanaan ujian lisan itu sendiri dilakukan secara bergantian satu per satu peserta diuji oleh Tutor dan para Mentor. Selain materi evaluasi juga indikator sikap dan perilaku (attitude) juga merupakan materi yang diuji.

Ujian dimulai pukul 08.30 WIB sampai selesai pukul 16.00 WIB bertempat di ruang kerja Ketua dan ruang Hakim. Dengan tertib para mentee masuk secara bergantian ke ruang Ketua dan ruang Hakim untuk ujian lisan sesuai dengan nomor urut.

ujian lisan para cakim 21122018 1aujian lisan para cakim 21122018 3ujian lisan para cakim 21122018 4

Suasana Mentee yang diuji memperlihatkan keseriusan dalam mengikuti ujian lisan secara tertib.

Para Mentor merasa puas dan bangga atas hasil ujian lisan yang dicapai oleh anak didiknya, di mana para Mentor setiap hari dengan sabar dan tekun membimbing, mengajari, dan berdiskusi dengan para Mentee tersebut.

Sistem pembelajaran yang diterpakan oleh para Mentor ini cukup berhasil, hal ini ditunjukan dengan kebolehan para Mentee dalam menjawab pertanyaan, ketepatan, bekomunikasi dan beargumentasi dengan para Mentor. Sehingga alokasi waktu yang semula di jadwalkan 10 menit terkadang lebih dari itu, sehingga untuk tahap II (dua) dan III (tiga) diharapkan akan semakin baik hasilnya dan yang penting adalah menjadikan para Mentee ini menjadi sosok Hakim Pengadilan Agama yang Profesional dan bijaksana dalam menegakkan Hukum dan Keadilan, semoga !. Amii, doa kita bersama dari jajaran di PA Purbaingga. (Redaksi-PA.Pbg)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purbalingga

Jl. Letjend. S. Parman No. 10

Telp: 0281-891174
Fax: 0281-892320

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi