center
Proses Berperkara

BeritaTerkini

Ketua PA Purbalingga menjadi Narasumber di RRI Purwokerto

narasumber rri

Purbalingga | pa-purbalingga.go.id

Rabu, 17 Juni 2020 untuk kali kedua Ketua Pengadilan Agama Purbalingga Drs. Taufik, S.H, M.H. menjadi narasumber di RRI Purwokerto dalam acara “Dialog Dinamika Kita”. Acara yang diadakan oleh RRI Purwokerto tersebut mengambil tema Pandemi Covid 19 dan Dampaknya pada angka perceraian di wilayah Banyumas.

Mengingat situasi sekarang yang sedang masa pandemi covid-19, maka acara tidak dilaksanakan di studio RRI namun melalui telelon akan tetapi tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19 yang disarankan oleh Pemerintah.

Program acara ini

Pada kesempatan kali ini dialog interaktif yang diadakan oleh RRI Purwokerto, selain KPA Purbaingga hadir juga KPA Purwokerto Drs. H. Tahrir dan Sosiolog Dr. Dyah Retna Puspita, M.Hum sebagai narasumber.

Ketua PA. Purbalingga menjelaskan bahwa Pengadilan Agama merupakan Badan peradilan yang menyelesaikan sengketa perdata yang dilakukan oleh umat Islam, dan tugas dan fungsi serta kewengangan Pengadilan Agama mencakup menerima, memeriksa dan menyelesaikan perkara seputar perkawinan, waris, hibah, waris, shadaqah, infaq shadaqah, waqaf dan zakat serta Itsbath Rukyatul Hilal dll.

Dalam kesempatan itu juga Drs. Taufik, S.H, M.H. menjelaskan bahwa faktor penyebab terjadinya perceraian yang sering muncul di masyarakat yaitu meningkatnya kawin siri, kurangnya pendidikan agama dalam masyarakat dan sebagainya.

Pengadilan Agama Purbalingga selalu terbuka akan segala masukan maupun kritik terhadap peradilan, menyambut baik segala upaya berbagai pihak yang turut memikirkan dan mencintai keadilan, untuk bersama-sama membangun peradilan dan membuka lebar pintu kerja sama dan peran serta dari semua pihak khususnya dari kementerian dan lembaga negara, penegak hukum, para akademisi dan praktisi hukum, serta lembaga masyarakat untuk bersama-sama memajukan dunia peradilan dan mewujudkan peradilan yang agung.

Usai acara, Ketua PA. Purbalingga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pegawai  RRI Purwokerto karena telah mengundang beliau menjadi narasumber di RRI Purwokerto. Acara ditutup sekitar Pukul 08.30 wib. (It-PA.Pbg)

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    #
  • Berita Terbaru BADILAG

    Error: Feed tidak dapat ditampilkan.
  • Berita Terbaru Pengadilan Tinggi Agama Semarang

    https://www.pta-semarang.go.id/index.php?format=feed&type=rss

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsKonten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi