center
Proses Berperkara

BeritaTerkini

Penanganan Perkara Gugatan Sederhana Ekonomi Syariah di PA Purbalingga

gs

Pengadilan Agama menyelenggarakan penegakan hukum dan keadilan di tingkat pertama bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu antara orang - orang yang  beragama Islam di bidang perkawinanwariswasiathibahwakafzakatinfaqshadaqah, dan ekonomi syari'ah.

Jenis kewenangan baru yang menjadi kompetensi absolut Pengadilan Agama (PA) adalah ekonomi syariah. Hal itu dinyatakan dalam Pasal 49 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

Perkara ekonomi syariah menurut Peraturan Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah dapat diajukan dalam bentuk gugatan sederhana atau gugatan dengan acara biasa.

 

Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 tahun 2019 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana menjelaskan gugatan sederhana adalah gugatan yang nilai obyek sengketanya paling banyak Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah), sedangkan pada perma Nomor 2 tahun 2015 nilai objek sengketanya Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah).

alur proses gs

Pada tahun 2019 ini, PA Purbalingga telah menerima perkara ekonomi syariah gugatan sederhana ada 3 perkara. Perkara itu terdaftar di Kepaniteraan PA Purbalingga dalam register perkara Nomor 0001, 0002, 0003/Pdt.G.S/2019/PA.Pbg. Umumnya perkara yang masuk adalah gugatan wan prestasi atau cidera janji.

Hakim tunggal yang ditunjuk Ketua PA Purbalingga untuk menangani perkara ekonomi syariah  adalah Drs. Ahmad Faiz, S.H., M.S.I. dengan di bantu oleh Panitera Pengganti Abdul Hafid, S.Kom., S.H. Kepada Hakim tunggal diberikan waktu paling lama 25 hari sejak hari sidang pertama sesuai ketentuan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2019.

25hari gs

Dengan adanya perkara ekonomi syariah yang ditangani Pengadilan Agama semakin meningkat ini menunjukan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Agama sudah mulai bagus sehingga cap Pengadilan Agama sebagai Pengadilan cerai talak saja itu lambat laun mulai memudar.[hafid]

Download dasar hukum Gugatan Sederhana : Perma Nomor 2 Tahun 2015

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    #
  • Berita Terbaru BADILAG

    Error: Feed tidak dapat ditampilkan.
  • Berita Terbaru Pengadilan Tinggi Agama Semarang

    https://www.pta-semarang.go.id/index.php?format=feed&type=rss

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsKonten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi