center
Proses Berperkara

BeritaTerkini

Pelaksanaan Sidang Keliling PA Purbalingga

 sidkel pertama 23112018 1

Purbalingga, Jumat (23/11/2018) Pengadilan Agama Purbalingga mengadakan Sidang Keliling untuk kali pertama, yang pelaksanaannya bertempat di Desa Tlagayasa, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Purbalingga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Purbalingga Nomor : W11-A23/ 2551 /Hk.04/XI/2018 tanggal 5 November 2018 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Sidang Keliling Tahun Angaran 2018. Tim yang terdiri dari Drs. Akhmad Faiz, S.H., M.S.I. sebagai Ketua Majelis, Drs. H. Akhbarudin, M.S.I., dan Drs. Agus Mubarok masing-masing sebagai Hakim anggota, dan Rosiful. S.Ag sebagai Panitera Pengganti, Arief Rahadi Tridasa, S.H., sebagai jurusita serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Jumat, tanggal 23 November 2018 pukul 09.00 WIB bertempat di gedung serba guna Desa Tlagayasa, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga.

sidkel pertama 23112018 2
suasana persidangan sidang keliling di Desa Tlagayasa, Kec. Bobotsari, Purbalingga

Untuk tahap awal pelaksanaan sidang keliling, memang belum banyak perkara yang ditangani yaitu ada 2 perkara karena masyarakat belum banyak yang mengetahui informasi tentang sidang keliling ini. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan adanya pelayanan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Purbalingga.

Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling persis seperti pada sidang di kantor Pengadin Agama, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya.

Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling, bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Purbalingga. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak.

sidkel pertama 23112018 3Tempat berlangsungsan pelaksanaan sidang keliling

Selain itu sidang keliling juga menjadi hiburan tersendiri bagi Tim Pelaksanaan Sidang Keliling karena dapat melihat-lihat suasana alam pedesaan yang sejuk dan dapat menghirup udara segar, jauh dari kebisingan, kepadatan lalulintas, dan polusi. Oleh karena itu pelaksanaan sidang keliling ini selalu ditungu-tunggu oleh tim meskipun tempat sidangnya berada di pelosok desa jauh dari perkotaan tetapi tim selalu siap dan semangat demi kemajuan Pengadilan Agama Purbalingga. (redaksi-PA.Pbg)

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    #
  • Berita Terbaru BADILAG

    Error: Feed tidak dapat ditampilkan.
  • Berita Terbaru Pengadilan Tinggi Agama Semarang

    https://www.pta-semarang.go.id/index.php?format=feed&type=rss

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsKonten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi