center
Proses Berperkara

BeritaTerkini

KPTA Semarang Mengadakan Pembinaan di PA Purbalingga

pembinaan kpta 21112018 1

Purbalingga | purbalingga.go.id

Rabu, (21/11/2018) Pukul 07.45 WIB Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah Dr. H. Baharuddin Muhammad, S.H., M.H., berkurkunjung ke Pengadilan Agama Purbalingga dalam rangka monitoring dan pembinaan para Pegawai di Pengadilan Agama Purbalingga. Acara berlangsung di ruang sidang utama PA Purbalingga dihadiri oleh pimpinan, para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, para Pegawai, Cakim, dan tenaga Honorer.

 

Acara dibuka oleh KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H.,M.H. yang dilanjutkan dengan memperkenalkan PA Purbalingga kepada KPTA Semarang mengenai jumlah pernonil Hakim dan Pegawai yang dimiliki, perkara yang ditangani, tenaga kontrak, para cakim, status tanah milik PA, hingga kendala yang dihadapi selama ini.

pembinaan kpta 21112018 2pembinaan kpta 21112018 3KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H., sedang memeberikan sambutan (atas)
para Hakim, Cakim, dan Pegawai dengan seksama menyimak pembinaan yang diberikan KPTA Semarang (bawah)

Dalam pembinaannya Dr. H. Baharuddin Muhammad, S.H., M.H. menyampaikan beberapa hal yang pada pokoknya adalah :

Menjaga Kekompakan dan kebersamaan, kekompakan dan kebersamaan sesama Pegawai PA Purbalingga harus dijaga, maju bersama-sama dan saling mendukung satu sama lain baik di kepaniteraan maupun di kesekretariatan.

Peningkatkan pelayanan, Pelayanan kepada maysarakat pencari keadilan perlu ditingkatkan dengan semboyan 3S (Salam, Sapa, Senyum) dan usahakan para pencari keadilan merasa puas atas pelayanan yang kita berikan.

Ilmu Pengetahuan, Bagi para Hakim maupun Calon Hakim perlu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, terus belajar dan membaca, pelajari hukum acara sehingga pengetahuan dalam memutus suatu perkara akan lebih adil dan bertanggung jawab baik secara moril maupun tanggung jawab kepada Allah.

Manfaatkan Informasi Teknologi (IT), Kemajuan dunia IT yang semakin pesat tidak dapat kita hindari termasuk juga di dunia peradilan, hal ini berdampak pada pola kerja kita yang semakin praktis dan efesien sehingga beban pekerjaan banyak dapat dikerjakan dengan waktu yang cukup singkat. Manfaatan aplikasi-aplikasi yang berbasis IT seperti SIPP, SIADPA, Simkara, dan aplikasi pendukung lainnya dapat mempermudah dan membantu kita dalam menyelesaikan tugas kita sehari-hari.

Kedisiplinan, Tingkatkan kedisiplinan dalam hal masuk dan pulang kerja sesuai dengan jam yang telah ditentukan, patuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan baik aturan yang ditetapkan dari pusat maupun aturan yang ada di Pengdilan Agama dan jika akan keluar kantor mohon ijin kepada atasan.

Sebelum pembinaan dimulai, KPTA Semarang menyempatkan diri melihat gedung lama PA Purbalingga yang saat ini difungsikan sebagai gedung arsip dan rumah dinas yang ditempati oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim.

pembinaan kpta 21112018 3aDr. H. Baharuddin Muhammad, S.H., M.H. didampingi KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H.,
berkesempatan melihat gedung eks. kantor PA Purbalingga

Dalam waktu dekat tanah ini akan ditukar guling (saling hibah) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, yakni PA Purbalingga akan menghibahkan tanah ini (eks. Kantor PA) kepada Pemda Purbalingga sedangkan Pemda akan menghibahkan tanah yang sekarang ditempati oleh PA plus hibah tanah untuk kepentingan rumah dinas pimpinan.

Pada hari yang sama sekitar pukul 08.30 WIB PA Purbalingga juga kedatangan 2 orang tamu dari Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI yaitu Jamaludin, S.H., M.H., dan H. Mansyur, S.I.P., M.H., untuk keperluan Pembinaan, Pengelolaan dan Penatausahaan BMN di PA Purbalingga dan wilayah Hukum Jawa Tengah pada umumnya.

pembinaan kpta 21112018 4pembinaan kpta 21112018 5Jamaludin, S.H., M.H dan H. Mansyur, S.I.P., M.H.sedang memberikan penjelasan masalah BMN kepada para Pegawai
dilanjutkan dengan foto bersama dengan KPTA Semarang dan KPA Purbalingga

Dimana pada saat ini status tanah milik PA Purbalingga masih berstatus Hak Pakai dari Pemda Purbalingga, hal ini selalu menjadi temuan oleh BPK pada Biro Perlengkapan MA. Maka dari itu Biro Perlengkapan MA membantu memfasilitasi penyelesaian status tanah antara PA Purbalingga dengan Pemda Purbalingga, yang sebentar lagi masalah tanah ini akan selesai karena kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk salih menghibahkan.

Acara pembinaan diakhiri pada pukul 09.30 WIB, yang selanjutnya KPTA Jawa Tengah melanjutkan perjalanan ke PA Cilacap untuk acara yang sama dan tamu dari Biro Perlengkapan didampingi oleh KPA Purbalingga dan Sekretaris melanjutkan ke kantor Bupati Purbalingga untuk menyelesaian masalah hibah tanah tersebut.(redaksi-PA.Pbg)

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    #
  • Berita Terbaru BADILAG

    Error: Feed tidak dapat ditampilkan.
  • Berita Terbaru Pengadilan Tinggi Agama Semarang

    https://www.pta-semarang.go.id/index.php?format=feed&type=rss

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsKonten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi