center
Proses Berperkara

BeritaTerkini

PA Purbalingga Disambangi Tim Monitoring dan Evaluasi Tempat Magang Bagi Calon Hakim

 monit mentor dn cakim 18102018 1KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H., sedang menerima Tim Monitoring
dan Evaluasi sekaligus wawancara dengan para Mentor

Purbalingga | purbalingga.go.id

Kamis,18 Oktober 2018 Tim Monitoring dan Evaluasi Badan Litbang Diklatkumdil Mahkamah Agung RI berkunjung ke PA Purbalingga untuk memonitor para Calon Hakim Magang Angkatan III di lingkungan Peradilan Umum, Agama dan TUN tahun anggaran 2018, sejumlah 12 (dua belas) orang Cakim sedang melaksanakan Diklat di PA Purbalingga selama kurang lebih 1 (satu) bulan. Tim Monitoring berkunjung ke PA Purbalingga atas dasar surat dari Kepala Badan Litbang Diklatkumdil Mahkamah Agung RI, Nomor : 1086/Bld.3/S/10/2018 tanggal 9 Oktober 2018 dengan susunan Tim sebagai berikut :

 

  1. Dr. H. Domiri, S.H., M.H.
  2. Dr. H. Syamsul Anwar, S.H., M.H.
  3. Jamaludin, S.E., M.M.
  4. Rocky William
  5. Arik Hadi Saputra

Kelima orang dalam tim tesebut, telah melaksanakan tugasnya melalui metode quisioner dan wawancara serta meminta keterangan kepada KPA Purbalingga Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H, para Mentor dan Mentee yang berkaitan dengan kurikulum atau bahan ajar dari Diklat, seperti :

  • Teknik persidangan
  • Administrasi Perkara
  • Mediasi
  • Aanmaning
  • Pembuatan Berita Acara Sidang
  • Pembuatan Putusan, dll.

Yang titik berat dari Diklat magang terfokus kepada Praktek dan Action, agar kedepan para Mentee siap pakai (ready for use) dalam tugas-tugasnya.

 monit mentor dn cakim 18102018 2Suasana Monitoring/wawancara dengan para Cakim (Mentee)

Dalam diklat magang tersebut, sudah barang tentu ada minus dan terdapat adanya kekurangan-kekurangannya yang menjadi kendala dilapangan (di PA Purbalingga). Hal itu dituangkan pula dalam Rapor, yaitu sebuah buku yang diberikan kepda para calon Hakim, para Mentor yang ditunjuk oleh Ketua PA Purbalingga, penilaian dalam Rapor terdiri dari : sikap dan perilaku (attitude), administrasi, meresume buku, membuat paper dst.

 Tim Monitoring berfoto bresama dengan KPA Purbalingga dan para Cakim

Tim/rombongan monitoring dan Evaluasi tempat magang pada akhirnya, berpesan agara para Cakim (Mentee) secara terus menerus belajar dan banyak membaca supaya segala informasi banyak didapat dan selanjutnya bisa menjadi seorang Hakim Muda yang baik dalam usaha bertugas dengan cepat, tepat berdaya guna.

Sudah barang tentu Mentee atau bagi Calon Hakim diharapkan pula oleh KPA Purbalingga menjadi sosok Hakim yang bertanggung jawab dalam setiap tugas-tugas dari memeriksa, mengadili, memutus dan menyelesaikan suatu perkara yang di ajukan kepadanya, semoga !!!

(redaksi PA Purbalingga)

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    #
  • Berita Terbaru BADILAG

    Error: Feed tidak dapat ditampilkan.
  • Berita Terbaru Pengadilan Tinggi Agama Semarang

    https://www.pta-semarang.go.id/index.php?format=feed&type=rss

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsKonten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Konten ini masih dalam tahap perbaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi